Kamis, 28 September 2017

Apa Saja Manfaat Joging Bagi Kesehatan & Psikologis?

foto:jogging mahdaen.tv
Jogging di pagi hari memang sangat menyenangkan, selain bisa menyehatkan badan, juga membantu menyegarkan pikiran. Biasanya, menjelang akhir pekan atau pada saat liburan, banyak orang yang memilih untuk melakukan jogging bersama teman atau keluarga. Ya, aktivitas lari pagi sepertinya sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. Sebenarnya, apa saja sih manfaat joging ? Ingin tahu lebih jauh mengenai manfaat jogging, baik bagi kesehatan dan juga psikologis? Ini dia ulasannya!

1.    Menguatkan Tulang Dan Otot
Orang yang terbiasa berolahraga tentu anggota tubuhnya menjadi banyak bergerak. Begitu pula ketika seseorang rutin melakukan jogging, maka tulang dan ototnya akan terlatih dan menjadi lebih kuat.  Pada saat lari, kapasitas otot dalam menyerap oksigen mengalami peningkatan karena kerja jantung juga meningkat.

2.    Membuat Pikiran Jadi Fresh
Lari pagi disebuah tempat yang nyaman dan sejuk tentu akan membuat pikiran kita jadi lebih segar. Dalam melakukan aktivitas jogging, kita tidak hanya menggunakan anggota tubuh kaki saja, tetapi mata juga. Banyak hal yang mungkin kita saksikan saat melwati jalur lari pagi, secara tidak sadar, kita mengalihkan pikiran untuk beberapa saat. Ya, pikiran yang tadinya stress atau sumpek, bisa sedikit terlupakan berkat jogging. Untuk itulah, penting memilih tempat jogging yang nyaman, sejuk dan pas. Gelanggang olahraga, taman atau ruang terbuka hijau adalah beberapa tempat yang bisa dijadikan untuk jogging.

3.    Membuat Bahagia
Percaya atau tidak, saat anda berlari dan melakukannya dengan hati yang ringan, otak akan memicu untuk keluarnya hormon endorphin yang sering juga disebut dengan “hormon kebahagian”. Jika endorphin ini meningkat, maka anda akan mengalami sebuah perasaan yang bahagia dan merasa lebih bersemangat. Stress dan depresi pun akan hilang!

4.    Melatih Pernafasan
Saat berlari, kita seringkali bernafas lebih cepat dari biasanya, karena memang terjadi peningkatan pada beberapa kerja organ tubuh. Sesekali, hal ini perlu dilakukan guna melatih pernafasan. Sistem pernafasan yang lancar akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh.

Ada banyak sekali manfaat jogging lainnya yang bisa didapatkan. Lari pagi sebaiknya dilakukan secara rutin 2-3x dalam seminggu selama 15-30 menit, ini porsi yang pas untuk dilakukan. Hindari untuk melakukan jogging terlalu sering atau berlebihan karena ini justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi, tetap perhatikan timingnya ya…!

0 komentar:

Posting Komentar