Rabu, 08 Maret 2017

Trik Mudah Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Cara merawat kulit bayi yang baru lahir merupakan hal yang gampang-gampang susah. Karena kulit mereka masih sensitif dan rentan terhadap iritasi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kulit bayi dengan baik dan benar. Kondisi kulit yang sangat halus dan lembut serta sistem kekebalan yang lemah, membuat kulinya tidak boleh sembarangan bersentuhan dengan apapun.
Perhatikan produk-produk yang Anda gunakan pada kulit bayi seperti bedak, detergen, popok, sabun dan lain sebagainya. Jika salah produk, nantinya bisa membuat kulit si kecil menjadi lecet, timbul ruam, bintik-bintik merah atau iritasi. Sebelum membeli produk untuk bayi, maka lihat dulu kandungannya. Nah, berikut perawatan kulit bayi yang benar!

Mandikan  secara rutin
Mandi setiap hari merupakan cara merawat kulit bayi yang benar. Mandikan secara hati-hati dan perlahan, gunakan air hangat. Pilih sabun cair saja untuk membantu membersihkan kulit bayi Anda. Jangan terlalu sering memandikan bayi karena dapat mengikis kadar minyak alami pada tubuh si kecil. Sedangkan minyak tersebut menjaga kulit bayi dari kekeringan. Jika memang kegerahan dan tidak bisa tidur, maka lap saj dengan handuk halus yang dicelupkan pada air hangat.
Jaga dari paparan sinar matahari secara langsung
Bayi yang baru berusia di bawah 6 bulan, dianjurkan agar tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Namun, di pagi hari sebelum jam 10 pagi, panas pagi baik untuk kesehatan tubuh dan kulit bayi. Jika sudah lebih dari jam 10, Anda harus melindunginya dengan pakaian atau tabir surya yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Terapkan setiap 2 jam sekali pada kulit bayi ketika mulai berkeringat.
Rawat kulit kepalanya
Kulit kepala juga harus menjadi perhatian khusus bagi para ibu-ibu. Karena biasanya muncuk kulit kering, bersisik dan mengelupas seperti ketombe. Cara merawat kulit bayi di bagian kepala dengan memijat lembut kepalanya. Gunakan baby oil untuk membantu menghilangkan sisi atau kerak di kepalanya tersebut.
Lembabkan kulit bayi
Oleskan pelembab tanpa pewangi setelah mandi pada kulit bayi Anda. Langkah ini ampuh menghindari kulit kering pada bayi. Pelembab jenis krim lebih dianjurkan daripada yang berbentuk lotion. Sebab, jenis lotion memungkinkan terjadinya iritasi pada kulit si kecil.
Itulah cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Oh ya, ketika mencuci baju si kecil, gunakanlah detergen khusus bayi agar tidak terjadi iritasi. Pisahkan dari pakaian lainnya saat mencuci.

0 komentar:

Posting Komentar