Senin, 27 Maret 2017

Ketahui Gejala Bronkitis Sejak Dini

Tak hanya perokok saja yang bisa menderita infeksi saluran pernapasan. Seseorang yang bekerja di malam hari juga bisa terkena penyakit pernapasan. Salah satu yang paling sering diderita adalah bronkitis. Penyakit ini jika dibiarkan terlalu lama bisa berbahaya dan membunuh penderitanya secara perlahan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui gejala bronkitis sejak dini.
Para ahli kesehatan berpendapat bahwa gejala bronkitis hampir sama dengan paru-paru basah. Sehingga, setiap orang harus bisa lebih waspada dan tahu kapan waktunya pergi memeriksakan diri ke dokter. Sebagian besar penyakit yang menyerang pernapasan ditandai dengan batuk-batuk yang sering dan tak kunjung sembuh. Berikut ini beberapa gejala atau tanda dari penyakit ini!
foto:merdeka.com

Inilah Gejala Bronkitis
Terdapat beberapa tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh dan kamu perlu menyadari akan kondisi seperti ini!
•    Merasakan sakit kepala
•    Batuk kering yang tak kunjung sembuh
•    Sakit tenggorokan
•    Hidung pilek dan tersumbat, sulit bernapas dan bertambah parah di malam hari
•    Terjadi nyeri di badan
•    Kelelahan tanpa sebab yang jelas
Batuk karena penyakit bronkitis bisa berlangsung dalam beberapa minggu, bahkan bisa kembali lagi meski sudah sembuh. Penderita mungkin juga akan merasakan nyeri pada otot dada dan perut saat batuk. Sebagian orang pun ada yang mengalami sesak napas dan mengi karena terjadi peradangan pada saluran pernapasan. Tapi, gejala yang dirasakan itu lebih sering dialami jika kasus bronkitis kronis atau berkepanjangan.
Gejala bronkitis kronis
Jika bronkitis akut tidak segera diobati, maka akan menjadi lebih parah lagi yang disebut kronis. Bronkitis kronis dikenal juga dengan sebutan COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease). Inilah gejala bronkitis kronis diantaranya :
•    Terjadi mengi atau bengek
•    Sering mengalami kehabisan napas saat olahrga atau ketika sedang bergerak aktif
•    Batuk berdahak yang lendirnya berwarna kuning kehijau-hijauan atau keabu-abuan
•    Terjadi infeksi saluran pernapasan beberapa kali dalam setahun
Kondisi tersebut akan memburuk kala cuaca dingin dan umum terjadi dalam 2 kali setahun atau bisa lebih. Kamu harus segera ke dokter jika batuk berlangsung lebih dari 3 minggu yang disertai demam hingga 38⁰ selama 3 hari. Selain itu, juga saat flu berkepanjangan dengan batu berdahak yang ada bercak darahnya. Jangan abaikan apabila gejala bronkitis tersebut terjadi pada tubuhmu. Hindari membiarkan penyakit terlalu lama pada tubuhmu, kalau sudah parah akan sulit disembuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar