Rabu, 08 Maret 2017

Cara Mencegah Sakit Perut Ketika Berlari

Pernakah Anda merasakan sakit perut setelah berlari? Jika iya Anda perlu tahu cara mencegah sakit perut saat berlari. Karena jika diteruskan bisa menjadi gangguan yang serius dan perlu tindakan medis. Ada beberapa penyebab sakit perut ketika berlari yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sudah tahu pemicunya maka, bisa mencegah terjadinya sakit perut.
Salah satunya akibat kekurangan oksigen. Rasa sakit pada perut ketika berlari, dimulai dari dinding otot dan menjalar ke bagian lainnya. Oleh karena itu, disarankan para pelari mengetahui cara mengontrol teknik pernapasan yang benar. Kram pada perut juga bisa menimpulkan rasa sakit ketika berlari. Biasanya terjadi ketika perut dalam kondisi kenyang atau kurang pemanasan. Maka, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan berat ketika hendak berlari. 
ilustrasi foto:merdeka.com
Selain itu, gangguan pada usus dan kandung kemih juga mampu menimbulkan sakit di perut saat lari. Penyebab lainnya adalah karena dehidrasi. Sebelum Anda berlari, harus memenuhi dulu cairan dalam tubuh. Sebab, setelah berlari akan banyak cairan tubuh yang hilang. Kalau Anda sering merasakan sakit perut ketika berlari, ikutilah cara mencegah sakit perut berikut ini!
•    Lakukan pemanasan yang cukup.
•    Jangan makan makanan berat sebelum berlari.
•    Hindari mengobrol saat sedang berlari merupakan cara mencegah sakit perut yang jarang dihiraukan.
•    Konsumsi banyak air putih.
•    Atur jarak antara minum dan lari.
•    Kontrol pernapasan agar pasokan oksigen ke perut tetap terpenuhi.
•    Ketika permulaan berlari, jangan terlalu cepat mulai dulu lari santai barulah lari cepat. Dilakukan untuk tubuh beradaptasi terlebih dahulu.
•    Pastikan tubuh Anda fit dan sehat ketika berlari.
•    Jangan kelelahan saat berolahraga karena bisa mempengaruhi dinding perut. 

Jika sakit perut muncul secara tiba-tiba ketika berlari, maka hentikan dulu aktivitas Anda itu. Lalu, gosok dan pijat di bagian perut yang sakit secara lembut dan perlahan. Atur pola napas Anda agar teratur. Kalau mengalami kram atau sakit perut terus-menerus segera konsultasikan kepada dokter dan katakan semua kondisi yang Anda rasakan.
Cara mencegah sakit perut juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi serat setiap hari. Konsumsi makanan sehat dan masukkan sayur maupun buah dalam daftar menu harian Anda. Yoghurt juga bisa membunuh bakteri jahat dalam perut, sehingga efektif mencegah sakit perut. Lakukan pola hidup sehat agar Anda tidak terkena penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar